BI: Efisiensi Bank Belum Memuaskan

Salah satunya adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Yang jelas, pada pekan pertama Januari ini, total operasi moneter BI mencapai Rp 444,7 triliun, naik Rp 34,6 triliun dari pekan sebelumnya. Setelah paspornya dicabut pemerintah PNG, maka ruang geraknya di negara tetangga timur Indonesia itu dibatasi. Ia menambahkan, BI mestinya berani memotong BI rate menjadi 7%-7,5%.

Permohonan pailit ini berawal ketika Pengadilan Niaga Surabaya memailitkan PT Dewata Royal International (DRI), pengelola Hotel Aston Bali pada 10 November 2009 silam. Likuiditas Seret, Perbankan Dipaksa Putar Otak Namun disisi lain, kepemilikan saham maksimal 99 persen dinilai memberikan keleluasaan kepada asing. Dari pilot project itu, BSM menyalurkan pembiayaan sekitar Rp 3 miliar kepada 2. Maklum, CAR bank pembangunan daerah itu pada akhir tahun lalu kian menipis hingga 10%. Artinya, dengan suntikan modal dari pemprov, perusahaan masih membutuhkan modal tambahan sebesar Rp 900 miliar.

BNI Syariah, pemain utama di bisnis kartu kredit syariah, cuma mengedarkan 152. Hasil Stress Test, Perbankan Indonesia Sehat Angka ini meningkat Rp 9,35 triliun dari Rp 32,48 triliun pada 2011. Usulan Himpunan Bank-Bank Negara Milik Pemerintah (Himbara) agar bank boleh melakukan penyertaan modal pada institusi non-keuangan, menuai polemik. Artinya, pembiayaan yang diberikan sangat lancar. Pertama, membentuk anak usaha baru dengan mengakuisisi bank.

Tapi rata-rata bunga deposito perbankan yang terpantau di Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) masih berkisar antara 4,2%-12,5%. Gaet Investor Ritel, Perusahaan Efek Perlu Gandeng Perbankan Mana mungkin mereka mampu membayar kredit? katanya. Adapun CIR merupakan ukuran efisiensi dari biaya-biaya di masa lalu. Selain dengan Bank Mandiri dan Pos Indonesia, Avrist sebelumnya juga menjalin kerjasama pihak lain. Untuk mencapai target tersebut, manajemen BNI Life bakal memperbanyak jaringan bancassurance.

Akan tetapi pada pertengahan kuartal satu sempat naik menjadi Rp 2,247 miliar pada Februari tahun 2011 ini. Bank Mandiri salurkan kredit Rp 12,16 triliun di sektor telekomunikasi Roubini mengingatkan, bank sentral mengambil risiko akan menghancurkan rejim inflation targeting yang telah berjalan di dunia selama 20 tahun ini. �Ini target minimal yang akan kami kejar. Kenaikan ini ditunjang kenaikan dari laba operasional maupun laba non operasional. Namun demikian, secara nilai, kontribusinya masih di bawah 10% dari total pembiayaan.

Apalagi, pemerintah memberikan peluang kepemilikan saham maksimal sebesar 99 persen kepada pihak asing pada sektor perbankan. Analis Rekomendasikan Saham Perbankan Dan Pertambangan Angka transaksinya mulai dari Rp 324 miliar di 2011 menjadi Rp 951 miliar di 2012. Kebutuhan dollar AS harus disampaikan kepada tiga bank BUMN, yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Dengan adanya keringanan pajak tersebut, Mandiri hanya akan menyetor pajak sebesar 23% dari laba kotor. Dan meningkat 0,25% dari periode yang sama tahun lalu.

Lahan tersebut sebelumnya merupakan wilayah kumuh, tetapi berhasil diubah warga menjadi kebun jagung, kacang tanah, singkong, dan cabai rawit dalam kurun waktu empat bulan. Berdasarkan penelitian BI, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih menanggung beban suku bunga pinjaman kredit mikro sekitar 30%. Kalau perlu diberlakukan seperti di Malaysia yang DHE-nya harus masuk dalam enam bulan atau di Thailand yang peraturannya lebih ketat karena mengharuskan konversi DHE menjadi Bath,� jelasnya. Kepala Eksekutif LPS Mirza Adityaswara mengatakan, pihak yang ingin membeli Bank Mutiara harus memenuhi 5 kriteria. 39 tanggal 13 September 1996.

Djoko sebelumnya diputus bersalah oleh Mahkamah Agung, dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara, serta harus membayar denda Rp 15 juta.