Gaet Investor Ritel, Perusahaan Efek Perlu Gandeng Perbankan

Kepastian Bank Maspion kembali menambah jumlah emisi IPO yang akan dilakukan di bulan ini menjadi 5 perusahaan. Menurut dia, mencari pendanaan di pasar modal misalnya melalui proses penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) dan obligasi bisa menjadi alternatif pendanaan yang bagus bagi perusahaan multifinance. Jika dilihat, total aset Bank Muamalat meningkat cukup baik setiap tahunnya. Sejumlah bank seperti Bank Mandiri, CIMB Niaga dan Bank Internasional Indonesia masuk kategori pertama.

Setelah membahas prospek kelayakan dan stabilitas modal bank ini, empat anggota dewan BOI yang diketuai Gubernur Ignazio Visco, setuju memberi bailout. Outstanding Kredit Korporasi Bank Mandiri Capai Rp 85 Triliun Tahun 2013 menjadi periode yang menantang bagi perbankan Indonesia. Likuiditas itu penting. Hingga saat ini terdapat 290. Khusus pinjaman Rp 500 miliar akan digunakan untuk belanja modal 2012 dan untuk corporate general purpose.

Kuasa hukum BIG, Habiburokhman mengatakan Benua Indah Group telah memenangkan gugatannya kepada Bank Mandiri dalam perkara 285 PK/Pdt/2010 tanggal 27 September 2010. BI Dorong Perbankan Syariah Biayai Bisnis Waralaba Empat bank tersebut adalah BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN. Ditambah dengan mengkeretnya likuiditas yang tersedia di bank. Pada triwulan I 2009, porsi dana pihak ketiga OCBC NISP di deposito mencapai 55%. Bagi perbankan syariah yang menggeluti bisnis kartu plastik, aturan ini sangat memukul.

Bank Mandiri misalnya, menetapkan bunga KPR rumah bekas sebesar 10,5%. BKN Siapkan Rp 1 Triliun untuk Capex Kalau kita kan silaturahmi, diskusi itu sudah. Saat ini, pihaknya tengah penjajakan dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Group Head Special Asset Management BMRI, Agus Sudiarto, menambahkan investor yang tertarik atas aset ini tentunya harus memperhatikan perkembangan terbaru sengketa BMRI dan Benua Indah. Direksi Bank DKI sudah sepakat mengenai hal ini.

Setelah dicek ternyata benar saya belum membayar tetapi Saudari Vika mengakui memang tagihan belum dikirimkan oleh pihak Bank Mandiri. BKN Siapkan Rp 1 Triliun untuk Capex Sampai dengan April 2012 tercatat pembiayaan perbankan syariah secara nasional menggunakan akad bagi hasil kegiatan riil produktif mencapai Rp 30,7 triliun. Hal tersebut dikatakan Corporate Secretary Bank Muamalat, Meitra N Sari di Jakarta, Jumat (18/1). Masalahnya, yakinkah kita bahwa masing-masing bank ini memasukkan bunga Libor yang realistis? �Libor itu indikasi bunga yang ditentukan berdasarkan estimasi bank, bukan harga riil terakhir bunga kredit yang diperoleh bank,� jelas Head of Treasury BCA Branko Windoe. Sedangkan DPK mencapai Rp 151 triliun, tumbuh 93% selama lima tahun terakhir.

Masalahnya, hanya ketersediaan dan keberlangsungan penyaluran kredit. Bank Mandiri Dikabarkan Tutup Program Linkage KUR Informasi saja, hingga saat ini, Mandiri Sekuritas memiliki 14. Sementara selama ini, hanya risiko kredit yang disertakan dalam perhitungan CAR. Direktur Bisnis PT UOB Buana Safrullah Hadi Saleh mengungkapkan, kenaikan kredit dipicu keyakinan bank dan debitur atas prospek ekonomi ke depan. Akhir Desember 2010, Benua Indah mengirim surat kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk memanggil kedua belah pihak guna pelaksanaan putusan MA itu.

Dan, bagaimana jika kolateral itu tidak cukup untuk menutup tagihan. Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) menilai Bank Mandiri tidak memiliki itidak baik dalam menyelesaikan kewajibannya terkait kepemilikan Negotiable Certificate of Deposit (NCD) milik APHI yang diterbitkan Bank Mandiri. Karena itu, bank sentral akan meningkatkan koordinasi dan menyelenggarakan pemeriksaan bersama dengan otoritas pengawas lembaga keuangan nonbank dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Awal kasus, pada 12 Februari 2002 APHI membeli 10 NCD dari Bank Mandiri masing-masing senilai Rp 5 miliar dengan bunga 16,75% untuk jangka waktu satu tahun. Mereka (perbankan) merencanakan secara total 23,1 persen tahun ini.

Ia mengingatkan, banyak bank konvensional yang gencar menawarkan bunga simpanan tinggi.