Tips Mengelola Keuangan Keluarga

perencanaan-keuangan-keluarga

hampir seluruh orang khususnya ibu properti tangga merasa kesulitan memenage keuangan. terlebih kalau sumbernya cuma pas untuk kebuthan rutin bulanan. ada enam hal berguna yang mesti diperhatikan agar memenage keuangan kamu agar dapat meningkatkan mutu hidup:

1. lakukan perencanaan keuangan.
(Info: Persiapan dana pendidikan anak)bagi pos-pos bermanfaat selama amplop dan diberi nama seperti berbelanja harian, belanja bulanan, kontrak rumah, transpor, biaya sekolah, juga kebutuhan rumah yang mencakup listrik, telepon juga air pam. tak usah menggarap penghematan dengan drastis. yang penting anda mesti disiplin juga mematuhi anggaran yang sudah terbuat.

2. mulailah menabung dalam awal gajian.
anggaplah menabung untuk bagian dari setoran rutin yang harus diselenggarakan. bila belum sanggup, jangan begitu memaksakan diri menabung selama kasus dan besar, lumayan 10 persen daripada gaji.
3. biasakan serta memasukkan biaya sisa berbelanja harian ke dalam celengan tanah liat dan tak bisa dibuka sesuka hati. kalau celengan telah terasa berat, pindahkan biaya itu ke dalam rekening banka tidak kartu atm sehingga tidak mampu diambil sesuka hati kamu. (Info: lowongan kerja income maksimal modal kecil)

4. saat tabungan sudah mencapai kasus tertentu, tidak banyak salahnya manakala kamu menginvestasikan dalam jenis saham, unit link atau managed fund.

5. simpan kartu kredit dalam bagian yang paling tersembunyi dalam dompet.

6. mulailah berpikir agar menyiapkan dana pensiun yang hendak berguna selama lalu hari.
bila dirasa perlu, banyak perencana keuangan dalam pilihan bank atau lembaga keuangan lainnya dan dapat membantu kamu.